Selasa, 06 Maret 2012

permainan roket daur ulang yang sangat kreativ

Roket daur ulang. Aku cuma mau sharing tentang permainan yang sangat kreative. Dan sangatlah mudah menurut saya. Roket roketan ini sangat mendukung GO GREEN sebab hanya menggunakan barang bekas. Aku dapet ide ini juga dari nonton acara, aku pun tertarik lalu mencobanya dirumah. Setelah aku praktikkan ternyata mudah. Bahkan permainan ini saya tampilkan sebagai ujian praktek bahasa Inggris SMA, waktu itu saya mengambil tema PROCEDURE. Para penguji pun kaget dan kasih applause buat saya. Teman teman saya juga bertanya tanya, MENGAPA ROKETNYA BISA TERBANG?? Nah karena itulah saya akan sharing caranya:

siapkan alat- alatnya:
  • alkohol 70% dan alat semprotnya
  • palu
  • gunting
  • korek api/pematik
  • 1 btg lilin
  • botol bekas minuman(usahakan yg agak ringan)

Setelah lengkap, ikuti cara- cara berikut:

1. ambil tutup botol, dan kasih lubang kecil ditengah sekitar 1/2 cm(menyesuaikan tutup botol) menggunakan gunting dan palu.

2. ambil botol dan semprotkan alkohol 70% kedalam botol menggunakan alat semprot secara merata(secukupnya saja).

3. tutuplah botol tersebut dan kocok botol itu secara berganti arah untuk meratakan alkohol.

4.letakkan botol tersebut ditempat yang datar/ lintasan roket jika ada. dan nyalakan api di lilin.

5.dekatkan api kearah lubang ditutup botol(tangan agak menjauh dari hadapan lubang karena api akan menyembur).dan tunggu sejenak.

6. akhirnya, botol akan terlontar akibat semburan api ditutup botol tersebut.


 mengapa roket terlontar?? karena didalam botol berisi alkohol yang mudah terbakar oleh api. dan jika dinyalakan pakai api. alkohol akan cepat merespon untuk terbakar.

Sedikit sharing sharing, jika ada kesalahan mohon maaf. Roket bisa anda kembangkan sendiri. TAPI JANGAN SEKALI- KALI MENGGANTI CAIRAN ALKOHOL DENGAN CAIRAN YANG LAIN.


CATATAN: jika belum menyala, periksalah cairan alkohol didalam botol apakah sudah merata atau belum. dan bisa juga lubang ditutup botol terlalu kecil. anak- anak harus dengan bimbingan orang tua dan ini dilakukan berjauhan dengan bahan yang mudah terbakar, serta diluar rumah INGAT INI MENGGUNAKAN API DAN HARUS DENGAN HATI HATI KARENA BAHAYA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar